Jumat, 14 September 2012

CONTOK "RENCANA KERJA SEKOLAH"

RENCANA KERJA SEKOLAH
TAHUN 2011-2015

A.     ANALISIS LINGKUNGAN STRATEGIS
SMP Ar-Risalah terletak di lingkungan pondok pesantren kurang lebih 3 km dari pusat pemerintahan Kota Kediri. Dibangun di atas tanah yang luasnya 2 hektar dari 3 hektar tanah yang kami miliki. Semua tanah yang dimiliki ini adalah milik Yayasan Pendidikan Ar-Risalah. Dalam sudut pandang kenyaman belajar maka SMP Ar-Risalah merupakan tempat yang sangat nyaman untuk lingkungan pendidikan, karena lokasi kita adalah jauh dari kegiatan masyarakat kecuali mencari ilmu. Disamping itu dengan penerapan budaya keislaman bagi semua warga sekolah merupakan salah satu daya dukung yang memperkuat kondusifnya iklim belajar di tempat kami.

SMP Ar-Risalah yang tepatnya terletak di Kelurahan Lirboyo Kecamatan Mojoroto Kota Kediri ini memiliki obsesi jangka panjang untuk mengoptimalkan siswa didiknya selain untuk  untuk mendalami Formal juga diharuskan untuk mendalami ilmu agama.
Dengan pendidikan yang disiplin diharapkan peserta didik akan mampu mebiasakan dirinya untuk berdisiplin dan bertanggung jawab, kami menyakini bahwa 5 tahun yang akan datang SMP Ar-Risalah bukan saja akan menjadi salah satu penopang kemajuan  pendidikan tetapi juga akan menjadi akselerator perkembangan pendidikan di negara Indonesia yang kita cintai ini.

B.     ANALISIS PENDIDIKAN SAAT INI
SMP Ar-Risalah saat ini menetapkan diri sebagai salah satu lembaga pendidikan yang berkonsentrasi dalam melahirkan pemimpin-pemimpin negara di masa yang akan datang dengan memberikan penekanan tentang keislaman yang syumuliah (sempurna dan tidak parsial). Dan saat ini bisa kami gambarkan kondisi pendidikan di SMP Ar-Risalah sebagai berikut :


1.      Pemerataan Dan Perluasan Akses
Dalam menjaring siswa, SMP Ar-Risalah membuka peluang sebesar-besarnya kepada seluruh siswa baik daerah, luar daerah maupun siswa dari negara tetangga (Malaysia)
Dalam penjaringan ini SMP Ar-Risalah menggunakan sistem tes beberapa tahap dengan sebuah penetapan siapa yang bisa lulus  tes maka dia bisa masuk. Sampai saat ini kita masih memberikan penekan yang lebih dari hasil tes khusus di SMP Ar-Risalah dibandingkan dengan nilai ujian siswa dari sekolah. Hal ini tidak dimaksudkan untuk menganggap sebelah mata namun kita berupaya untuk mendapatkan gambaran raw input dengan informasi yang lebih valid. Dengan mekanisme penerimaan siswa baru yang sudah dilakukan maka prosentase siswa yang bisa masuk di SMP Ar-Risalah adalah 10% dari Kediri dan sekitarnya, 88% dari luar kota kediri dan 1% dari Luar Negeri (tercatat siswa berasal dari Malaysia).
Jika melihat dari latar belakang orang tua di SMP Ar-Risalah  mayoritas berasal dari keluarga menengah ke atas. Dan sudah beberapa tahun yang lalu SMP Ar-Risalah melakukan subsidi silang untuk mengatasi kesenjangan siswa dari sisi latar belakang ekonomi yang berbeda.
Berbicara masalah disparitas, di SMP Ar-Risalah menurut data yang ada menunjukan angka yang tidak terlalu besar. Setiap kelas prosentase jumlah siswa yang tergolong Low Learner berkisar antara 3 – 5 orang dari 20 orang per kelas. Untuk persoalan disparitas prestasi berdasarkan gender cukup beragam hanya pada saat ini belum bisa dijelaskan besar prosentasenya
2.      Kualitas, Efisiensi, Relevansi dan Daya Saing
Pada sisi kualitas maka kami ingin memberikan gambaran pada beberapa hal yaitu bahwa pada saat ini rata-rata siswa kami mempunyai IQ = 100 dan ICQ = 120. Mereka rata-rata berasal dari keluarga yang mempunyai perhatian tinggi terhadap pendidikan. Selanjutnya dari sisi tenaga pengajar kami didukung oleh 99 % guru strata 1 dengan latar belakang yang sesuai dengan jurusannya, 0,05% berpendidikan D3 dan 0,05% berpendidikan SMA dengan jumlah seluruhnya 21 orang. Secara fasilitas SMP Ar-Risalah sampai saat ini makin melengkapi diri. Laboratorium, perpustakaan, kecukupan kelas dan media pendidikan sudah  tersedia di tempat kami. Untuk metode pengajaran, para guru di SMP Ar-Risalah sudah mulai belajar menerapkan pengajaran CTL sebagai sebuah konsekuensi pemberlakuan kurikulum berbasis kompetensi.
      Beberapa hasil yang sudah kami dapatkan saat ini diantaranya adalah Lolos Final OSN tingkat Nasional  mapel Fisika pada tahun 2008 dan sejak 2009 sampai 2012 selalu meloloskan wakil OSN ketingkat Propinsi untuk mapel biologi dan fisika.
Dalam rangka menyiapkan pemimpin-pemimpin bangsa ini sebagaimana obsesi SMP Ar-Risalah  maka dalam pelaksanaannya lembaga ini mencoba mengembangkan berbagai hal termasuk pengembangan muatan kurikulum di tingkat sekolah. Pembelajaran kepanduan untuk membina kemandirian, menghafal Al-qur’an, pembinaan bahasa asing dan pendalaman materi keislaman selain materi sains merupakan salah satu upaya lembaga untuk menyiapkan para santri untuk bisa bersaing pada kehidupan pada umumnya. Dalam hal pembinaan bahasa asing di SMP Ar-Risalah  sudah diterapkan sistem halaqah, dimana 1 orang guru membina 8 – 12 orang siswa. Pada sistem halaqah ini, guru dari latar belakang apapun yang mempunyai kemampuan keislaman diminta untuk membina para siswa. Dan semua guru wajib mengikuti program halaqah ini dengan pembimbing seorang guru yang lebih senior. Sistem halaqah ini berorientasi pada pembinaan ibadah dan akhlak siswa sehari-hari.
3. Manajemen, Governance dan Pencitraan Publik
Dalam hal pelaksanaan manajemen, saat ini secara umum
 SMP Ar-Risalah sudah banyak menerapkan konsep dalam Manajemen Berbasis Sekolah (MBS).  Otonomi lembaga yang menjadi dasar pertama dalam MBS sudah sejak lama diterapkan di SMP Ar-Risalah. Sebagai suatu lembaga berstatus swasta, istilah swasembada, swakelola dan swadana merupakan upaya yang selalu dilakukan oleh pengelola dan pelaksana lembaga sebagai bentuk kemandirian untuk mempertahankan kelangsungan hidup dan perkembangan sekolah. Mekanisme musyawarah yang senantiasa dilakukan dalam waktu sebulan sekali merupakan prasyarat utama dalam pengambilan setiap kebijakan di SMP Ar-Risalah. Visi lembaga yang besar dan komitmen terhadap mutu yang bagus mendorong semua potensi yang dimiliki (Guru, Karyawan, Orang Tua, Dana, Material) bergerak kepada satu arah yang jelas dan terukur. Pembinaan SDM dalam pengembangan kompetensi kerja juga merupakan daya dorong yang kuat bagi SMP Ar-Risalah sehingga pada usia yang relaif muda sudah mampu berprestasi pada tingkat regional maupun nasional.
Dalam pengelolaan program, SMP Ar-Risalah juga menerapkan sistem flesksibilitas sebagai dasar kedua MBS. Semua program mengacu pada kesepakatan prinsip tentang peningkatan kualitas. Fleksibilitas berada pada tataran pelaksanaan program dengan menggunakan mekanisme musyawarah sebagai wadah keikutsertakan warga sekolah dalam mengembangkan sekolah.
Kepemimpinan yang kuat dalam menjaga stabilitas sinergisitas kerja yang baik merupakan hal yang mutlak perlu dimiliki oleh SMP Ar-Risalah. Oleh karena itu upaya pengembangan diri terutama kepala sekolah secara simultan dan berkesinambungan perlu terus dilakukan dan diprogram secara progresif. Selain itu proses kaderisasi perlu juga diperhatikan dalam rangka menjaga sustainabilitas lembaga pada masa yang akan datang.
Pada saat ini SMP Ar-Risalah sangat konsentrasi terhadap perkembangan kemampuan peserta didik. Untuk kebutuhan itu program-program yang didukung oleh tenaga internal dan eksternal sudah dilakukan. Dalam hal program eksternal, partisipasi orang tua dalam mendukung program tersebut juga sudah sangat dirasakan. Keterlibatan orang tua untuk mendukung program-program tersebut tidak hanya sekedar sumbangan dana tetapi sumbangan fikiran sebagai narasumber dari sebuah seminar, atau menjadi fasilitator kegiatan kunjungan edukasi bagi para siswa.
Untuk menjaga sekaligus mempertahankan optimalisasi pelayanan terhadap pengguna layanan pendidikan di SMP Ar-Risalah senantiasa melakukan evaluasi terhadap kinerja struktur kesekolahan ataupun pendukung kesekolahan. Perlu kami sampaikan bahwa struktur yang dibuat sekarang cukup berbeda dengan struktur yang ada karena menyesuaikan dengan kebutuhan lembaga.
Pada masalah pencitraan publik, SMP Ar-risalah mencoba menampilkan satu karakteristik lembaga yang berorientasi kepada konsep syumuliyatul islam. Dimana dimensi kebenaran aqidah dan akhlak siswa maupun guru menjadi satu tujuan dalam perencanaan program kesekolahan.
Animo masyarakat untuk mensekolahkan putra-putri mereka ke sekolah-sekolah yang berbasis keislaman menjadi salah satu daya dongkrak jumlah pendaftaran siswa baru di SMP Ar-Risalah. Tahun 2009  calon peserta didik yang tidak lolos tes masuk siswa berdasarkan daerah asal. Kondisi ini memberikan satu penyemangat kepada pihak penyelenggara agar pada masa yang akan datang harus semakin baik.
Juara lomba-lomba akademik yang seringkali didapat oleh para siswa-siswi SMP Ar-Risalah  di tingkat Kota Kediri ataupun Provinsi Jawa Timur  juga ikut membantu pencitraan lembaga di publik.

C.     ANALISIS KONDISI PENDIDIKAN MASA DATANG
SMP Ar-risalah menyadari betul bahwa sebagai sebuah institusi banyak yang belum bisa dioptimalkan dengan semua potensi yang sudah dititipkan saat ini. Kesadaran ini terus menguat seiring dengan perubahan kebutuhan dan perkembangan peserta didik di masa yang akan datang. Kelemahan sistem kenegaraan di semua sisi secara makro akibat dari keterlenaan manusia dari bangsa yang subur ini mendorong kami untuk lebih bekerja keras dan berdaya upaya untuk memvisualisasikan hasil pendidikan berupa tampilan kualitas kompetensi yang dimiliki oleh setiap siswa lulusan SMP Ar-Risalah
SMP Ar-Risalah memandang bahwa pada 4 atau 10 tahun  mendatang persaingan pada tingkat kemampuan seseorang menjadi sebuah tolok ukur yang mendominasi sebuah lapangan pekerjaan yang berimplikasi pada tingkat penghidupan seseorang pada saat itu. Untuk itu SMP Ar-Risalah pada 4 tahun mendatang kita bisa menjadi sebuah lembaga yang mempunyai kebaikan-kebaikan yang bisa diadopsi oleh banyak lembaga, seperti diantaranya adalah :
1.      Aspek Pemerataan Pendidikan dan Perluasan Akses
  1. Disparitas siswa asal daerah dan luar daerah dengan jumlah putra daerah yang dapat bersekolah di SMP Ar-Risalah mengalami peningkatan prosentase sampai 50 %.
  2. SMP Ar-Risalah dapat memberikan beasiswa full free pay untuk putra daerah sekitar sekolah yang berprestasi dengan jumlah yang relatif lebih banyak.
  3. Menjadi lembaga yang mampu menekan angka disparitas di seluruh aspek perkembangan peserta didik.
  4. Menjadi lembaga yang memiliki jaringan komunikasi internal – eksternal dan komunikasi data yang efektif
  5. Berperan serta membangun masyarakat Kediri sadar pendidikan
2.      Aspek Kualitas, Efisiensi, Relevansi dan Daya Saing
  1. Mempunyai guru-guru yang berkompetensi dan berkualitas baik
  2. Melaksanakan pembelajaran CTL pada semua mapel di kelas 7 dan 8
  3. Melaksanakan sistem penilaian yang sesuai dengan KTSP di kelas 7, 8 dan 9.
  4. Mampu melahirkan siswa yang memiliki hafalan al-qur’an minimal 3 juz
  5. Mampu melahirkan siswa yang dapat berkomunikasi dalam 2 bahasa (B. Inggris dan Arab)
  6. Memiliki nilai rata-rata UN 8,00
  7.  Memiliki perpustakaan yang bagus
  8. Memiliki Laboratoriun bahasa yang bagus.
  9. Memiliki Ruang Multimedia yang bagus
  10. Memiliki Aula pertemuan yang representatif
3.      Aspek Manajemen, Governance, dan Pencitraan Publik
  1. Menjadi sekolah yang menjalankan manajemen mutu terpadu
  2. Menjadi sekolah yang memiliki Sistem Kepemimpinan Yang Kuat
  3. Menjadi sekolah yang memiliki Pengelolaan Tenaga Kependidikan yang Efektif.
  4. Menjadi sekolah yang memiliki teamwork yang kompak dan cerdas
  5. Menjadi sekolah yang memiliki Sistem Transparansi Manejemen yang baik
  6. Menjadi sekolah yang memiliki sistem monitoring dan evaluasi yang baik terhadap semua aspek pendukung sekolah.
  7. Menjadi sekolah yang akuntabel
  8. Mampu melahirkan siswa berprestasi pada bidang akademik ataupun non akademik di tingkat regional, nasional dan internasional
  9. Menjadi sekolah yang memiliki sistem administrasi yang baik.
  10. Menjadi sekolah yang memiliki media komunikasi yang efektif .
  11. Menjadi sekolah yang memiliki tingkat partisipasi warga sekolah dan masyarakat yang tinggi.
  12. Menjadi sekolah yang memiliki lingkungan sekolah yang aman dan tertib. 
D.    IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA ANTARA 4 TAHUN KE DEPAN
Menyikapi sebuah analisa pendidikan di masa yang akan datang maka tampaklah berbagai macam tantangan yang harus dihadapi oleh SMP Ar-Risalah agar tetap bisa eksis pada masa yang akan datang terutama dalam menghadapi Arus Globalisasi. Saat dimana persaingan global menjadi sebuah realita yang tidak bisa dihindarkan dan sebuah kondisi yang harus dijalani. Siapa yang tidak kuat maka siapapun akan hanyut oleh gelombang ketidakberdayaan yang berujung kepada kefakiran dan kemiskinan.
NB : tulisan ini hanya sebagian saja,bila tertarik dengan isi secara keseluruhan silahkan hubungi kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar anda atas blog kami sngat berguna buat perbaikan di kemudian hari.
tutur kata yang santun mencerminkan pribadi yg bijak.
terima kasih atas kunjungan dan komentarnya.